.: THIS BLOG IS BUILT AND DEDICATED TO YOUR EYES ONLY :.

Saturday, December 26, 2009

sejarah dalam repetisi

chiang kay shek pernah bersumpah akan membabat komunis sampai ke akar-akarnya berapapun harganya. karna barangkali saat itu hanya dia diantara segelintir orang yang betul-betul paham, betapa besar potensi bahaya dari ideologi yang diusung partai itu. dia lebih mengkhawatirkan komunis merebut kekuasaan, daripada harus berperang melawan jepang.

jepang dan rusia itu musuh yang nyata. kamu bisa lihat. kamu bisa kamu tabok. bisa kamu jenggut. bisa kamu cium baunya. tapi komunis?

bisa-bisa selimut dan bantalmu sendiri adalah komunis.

sayangnya partai nasionalis yang dia komandoi digerogoti kemunduran moral. kkn merebak dimana-mana, membangkrutkan partai. menghilangkan kepercayaan rakyat. sementara saat itu komunis begitu solid. begitu disiplin. begitu merakyat. paling tidak, itulah fakta awal-awal berdirinya partai yang ditunggangi mao, sebelum akhirnya menjadi besar, menjadi srigala.

didahului atau mendahului.

sejarah di rusia berulang di china. di rusia dulu, kaum bolshevik bahu membahu dengan kaum menshevik merobohkan dinasti rumanov, tsar rusia. setelah memegang kekuasaan, mereka menyingkirkan kaum menshevik yang dulu notabene teman seperjuangan mereka karna dinilai terlalu lunak.

menurut lenin, komunis tidak dapat berdiri sendiri. komunis harus mendunia agar bisa terus eksis. maka walaupun ekonomi rusia masih carut-marut, kiri-kanan depan belakang, harus dimerahkan. harus dikomuniskan

komunis bukan binatang evolusi ala darwin. tapi dia binatang temuan marx yang harus dibesarkan dengan revolusi. makan harus dengan piring revolusi. minum harus dalam gelas revolusi. tidur harus dengan selimut revolusi. buang hajat pun sedia kata harus ditemani revolusi. pokoknya, dan sekali lagi, nggak boleh nggak : pokoknya, nggak ada tuh yang namanya sedetik tanpa revolusi.

"lenin. hei lenin!"

"lenin!"

dor! dor! dor! lenin roboh bersimbah darah. "kamu mengkhianati revolusi" teriak seorang seorang perempuan yang menembaknya tiga kali. tapi tiga peluru, belomlah harga mati yang harus dibayar lenin untuk ambisinya.

perempuan itu keliru jika lenin mati semudah itu. revolusi masih jauh, sejarah belom akan membiarkan lenin untuk membusuk terlalu dini. maka meski lenin akhirnya mati juga karna stroke, ambisi lenin tidak ikut memblenyek bersama jasadnya. namun hijrah ke teman seideologinya stalin.

maka tak sampai menunggu puluhan tahun apalagi berabad-abad, stalin berhasil melahirkan kader-kader komunis yang dia didik lewat agen-agennya yang dia susupkan ke negara tetangga mereka yang sedang kisruh, china.

di jerman komunis tak beruntung. mereka bersama yahudi dimasukan hitler kekuburan.

tapi kesialan tak datang di segala tempat. di china, mereka lebih aman, karna tak ada manusia bermata setajam hitler. atau berhidung sepanjang himler. yang ada hanya pemuda mao. lelaki oportunis yang betah berjam-jam diperpustakaan, menulis puisi, bercerita tentang angan-angan yang muskil : china harus diremukkan, sebelum dibangkitkan.

siapa sangka angan-angan bisa menjadi nyata kemudian hari nanti. barangkali mao mengucapkannya saat bintang jatuh. harusnya sang teman membekap mulut si oportunis ini jika memang hal ini benar adanya. maka agen-agen lenin ini pun mengadakan pengamatan. hasil riset tanpa tesis menyimpulkan, pemuda ini punya kemampuan membaca situasi, serta potensi memperdaya yang lihai. maka pendek kata dialah orang china yang dicari-cari lenin.

mao bukan pendiri partai komunis china, masalah setelah berkuasa dia mengklaim demikian, itu urusan lain. partai komunis china sudah ada sebelum mao masuk di dalamnya. sejarah memang bisa ditulis ulang. namun fakta-fakta sejarah, bukan buku sejarah yang mudah begitu saja di tipex.

bersama mao mereka membesarkan partai komunis china, lalu bersama partai nasionalis yang didirikan sun yat sen yang kemudian dilanjutkan chiang, mereka menumbangkan dinasti manchu.

di serang dari luar, dirongrong dari dalam. dinasti yang sudah impoten. dinasti yang sudah degradasi akhirnya pasrah di tangan pisau sejarah.

dinasti manchu runtuh. pu yi kaisar terakhir yang bukan putra kaisar, diturunkan paksa dari tahta. pu yi sial sekaligus beruntung. beruntung dia pernah jadi kaisar, merasakan nikmat jadi kaisar. sialnya dia menghadapi pemberontakan demi pemberontakan warisan sejak era perang candu. untung lagi setelah membangkrutkan negara dan dihujat jutaan rakyat china lehernya juga nggak jadi santapan guiletin seperti luis xvi.

didahului atau mendahului.

setelah dinasti manchu runtuh, sejarah rusia berulang di china. komunis menyikat habis nasionalis. setelah berjuang keras, toh kaum nasionalis akhirnya harus angkat kancut lari dari china daratan.

sejarah hampir berulang di indonesia. tahun 65, ketika di china revolusi kebudayaan bikinan mao mencapai puncaknya, hingga rakyat china bener-bener remek, seremek-remeknya. di indonesia pemberontakan g 30 s pki meledak. peka'i mengkhianati teman-teman seperjuangannya. ingin merebut kekuasaan, dan mengkomuniskan indonesia. jadi sekarang bila ada yang bilang peka'i hanya rekayasa sejarah, biar saya tempeleng kepalanya.

pki itu ada, dan hampir mengkomuniskan indonesia!(karangsati)

3 comments:

dream said...

berasa baca catatan pinggirnya gm

mantabh bang

dream said...

abang lebih sinis n tajem

tengkuputeh said...

1926. 1948. 1965.

Hobi memang memberontak, meski yang 1926 itu kepada Belanda. namun jelas siapa berkepala panas revolusi.