.: THIS BLOG IS BUILT AND DEDICATED TO YOUR EYES ONLY :.

Tuesday, December 25, 2007

tentang iman sanoso...

Mahasiswa STAN itu aneh-aneh. Ada yang kalo sehari-harinya bolotnya setengah mati. Tapi pas ujian pinternya edan-edanan. Ada yang besok mau ujian bukannya belajar malah nonton tiga film berturut-turut di bioskop seperti Yusa. Ada yang kalo mau belajar setiap dua jam harus nyelupin kepala di kolem. Ada yang malah hobinya nongkrong diterminal ngitungin mobil lewat dinihari. Ada yang besok ujian dua mata kuliah. Malem main truf ampe pagi.

Tapi nggak ada yang ngalahin Iman Sanoso. Menurutku, Iman sanoso adalah seaneh-anehnya mahasiswa STAN.

Dari namanya saja sudah aneh Sanoso. Hampir semua dahi berkerut ketika pertama kali membaca namanya, berpikir telah terjadi kekleliruan dalam penulisan. Semua orang mengira. Sepatutnya SANTOSO. SANOSO apa artinya?

Tak ada yang tau.

Barangkali kesalahan terlanjur terjadi ketika pencatatan di akta kelahiran atau di ijazah SD-nya. Dan daripada susah payah membetulkan lebih baik mendiamkan. Lagipula Sanoso juga kedengerannya keren, berirama unik, berkesan artistik dan barangkali kedengeran seperti nama dari luar Indonesia—apakah betul? Dari negara mana itu?

Iman sendiri tak tau kenapa dia bernama SANOSO. Juga orang tuanya. Juga kakeknya. Apalagi buyutnya. Dulu mereka bilang itu seperti wangsit. Seorang kakek tua berjubah putih dan berjanggut lebat beberapa kali datang dalam mimpi bapaknya. Dan tiap kali tiba dihadapan bapaknya si kakek menyebut :

Sanoso
Sanoso
Sanoso

Begitu pula saat menjelang kelahirannya. Ketika bapaknya sedang terlelap malam itu. Dia kembali mendengar : Sanoso! Sanoso! Sanoso! Dan dia terjaga oleh istrinya yang sedang hamil besar itu mulas-mulas. Begitulah tak lama setelah diantar ke bidan. Atas pertolongan sang bidan ibunya berhasil mengeluarkan dia dari rahim sang ibu. Dan Iman kecil yang baru menghirup udara beberapa menit itu dinamakan Sanoso jadilah dia : IMAN SANOSO.

bersambung...

No comments: